Kegiatan MPLS SMPN 33 Semarang

MPLS SMPN 33 Semarang Bersama-sama Menjadikan Siswa yang Beraklak Mulia dan Berprestasi

SMPN 33 Semarang menghadirkan beberapa narasumber dari beberapa dinas di Semarang untuk memberikan informasi, wawasan dan juga bimbingan bagi siswa-siswi peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020 yang  sebelumnya telah dinyatakan lolos dalam PPDB yang dilakukan serentak pada 13-19 Juni kemarin. Kegiatan siswa-siswi baru yang telah diterima pada sekolah khususnya SMPN 33 Semarang yaitu kegiatan MPLS atau biasa disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Rencana kegiatan MPLS itu sendiri akan diselenggarakan mulai tanggal 15 – 17 Juli yang akan dibuka pada saat kegiatan Upacara hari senin oleh Kepala SMPN 33 Semarang Bapak Didik Teguh Prihanto, M.Pd dan ditutup pada hari rabu. Kegiatan MPLS sendiri sangat bermanfaat untuk siswa-siswi baru selain untuk mengenalkan lingkungan sekolah, MPLS sendiri bertujuan untuk : 1. Membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan suasana, keadaan yang berada di lingkungan sekolah baru baik berupa fasilitas, sarana prasarana ( gedung, ruang kelas, lab, ruang guru, perpustakaan, aula, dll ), 2. Meningkatkan interaksi yang baik atau hubungan positif antar siswa, guru dan warga sekolah lainnya, 3. Meningkatkan semangat, motivasi dan juga potensi diri dari siswa-siswi baru dengan pengenalan kegiatan Ekstrakulikuler yang ada di sekolah, 4. Menumbuhkan semangat belajar siswa untuk memotivasi  siswa-siswi baru untuk menjadikan mereka lebih kreatif, inovatif dan juga memiliki prestasi baik dalam hal akademik maupun non akademik, 5. Menumbuhkan dan melatih sikap kejujuran, sopan santun, menghargai dan juga gotong royong.

Kegiatan MPLS melibatkan beberapa aspek seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kepolisian dan juga PKK. Sekolah melibatkan beberapa organisasi pemerintah dan daerah atas dasar karena telah memiliki pelatihan dan telah memiliki keahlian atau kemampuan khusus pada bidang nya masing-masing. Selain itu juga memiliki materi dan metode pada tiap-tiap bidang yang dapat meningkatkan atau menguatkan pendidikan karakter siswa yang akhirnya dapat menjadikan siswa dapat mengetahui minat, bakat dan ketrampilannya. Selain itu siswa juga diberikan materi / sosialisasi mengenai peraturan dan atat tertib sekolah oleh bapak/ibu guru agar dapat dipatuhi dan dilaksanakan dengan baik.

Adapun beberapa contoh kegiatan PLS yang akan dilakukan siswa selain mendapatkan materi dari Dinas / Instansi Pemerintah / Daerah yaitu kegiatan upacara dan baris berbaris yang merupakan bentuk pembinaan dasar membangun semangat gotong royong di antara siswa dan rasa nasionalisme. Adapula kegiatan bakti sosial untuk membatu masyarakat yang membutuhkan atau kurang mampu melalui instansi terkait seperti panti asuhan/sekolahan untuk meningkatkan sifat sosial baik sesama siswa maupun orang lain. Selain itu dilakukan juga kegiatan menanam pohon/tanaman di lingkungan sekolah hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat, rasa tanggung jawab dan  kecintaan terhadap lingkungan sekitar.

Pada akhirnya dari kegiatan MPLS siswa-siswi baru dapat mengimplementasikan kegiatan atau materi yang sudah diterima  tersebut di lingkungan sekolah maupun di rumah dan di lingkungan masyarakat.

   

 

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
   
New User Registration
*Required field